Senin, 07 Oktober 2013

Tugas Teks Petunjuk Bahasa Indonesia

Cara Membuat Power Point
yang Baik dan Menarik
  
               Power point biasanya sangat akrab bagi para pengusaha maupun dikalangan pelajar. Power point mereka gunakan untuk mempresentasikan suatu hal misalnya, materi pelajaran, dll. Banyak sekali power point yang masih tidak dimengerti maksud dan isi materi power point tersebut. Sebuah power point yang baik akan sanggup menjelaskan ide dan gagasan yang ingin disampaikan oleh presenter yang membawakan power point tersebut. Di sini kita akan pelajari mengenai cara pembuatan power point agar terlihat menarik dan dengan mudah dapat dimengerti oleh semua kalangan. 
              Berikut adalah beberapa cara untuk membuat power point terlihat lebih menarik :            
1. Membuat Pembukaan Slide Pembunuh. 
      yang dimaksud pembukaan slide pembunuh disini adalah pembukaan slide yang mampu menunjukkan kesan yang beda diantara slide petunjuk lainnya. Slide pembuka yang menjadi awal presentasi adalah kesempatan Anda untuk menarik perhatian audiens. Karena itu, jangan ragu tampil beda. Gunakan gambar yang unik, menarik, dan warna yang mengundang perhatian.

2. Menggunakan Skema Warna yang Menarik. 
            Menggunakan skema warna yang tepat menciptakan keharmonisan dan profesionalitas dalam presentasi anda. Anda bisa menggunakan skema dengan melihat majalah, atau menggunakan skema sesuai yang sudah disediakan Powerpoint.  

3. Menggunakan Visuals yang Menakjubkan.
           Slide adalah alat komunikasi visual. Karena itu, gunakan gambar, diagram dan tampilan visual lainnya yang membantu audiens memahami ide Anda dengan cepat. Gunakan pula gambar yang mampu menarik perhatian, memancing rasa ingin tahu, dan membuat audiens selalu ingin mendengar kelanjutan presentasi.

4. Pastikan Tulisan dalam Power Point Mudah Dimengerti.
             presentasi Anda hadir untuk dilihat seluruh audiens. Pastikan teks digunakan dengan tepat dan mudah dibaca. Gunakan ukuran font yang cukup besar sehingga tetap terlihat dengan baik oleh audiens yang duduk di kursi paling belakang sekalipun.Jangan lupa menggunakan font yang berbeda-beda memang menarik, asal jangan sampai berlebihan sehingga membuat presentasi terlihat tidak menarik.

5. Kontras.
             Ciptakan perbedaan antara elemen-elemen dalam slide Anda. Kontras berfungsi untuk menciptakan perbedaan, perbandingan, dan membuat sesuatu jadi lebih menarik. Kontras dapat dibuat dengan memberikan ukuran berbeda, warna berbeda, atau tampilan yang berbeda.

6. Pengulangan
              Manfaatkan elemen yang bisa diulang dalam presentasi Anda antara satu slide dengan slide yang lain. Anda bisa mengulang warna, pola, tata letak dan banyak hal lainnya. Pengulangan menciptakan harmoni dalam keseluruhan slide presentasi.

7. Perataan
              Tidak ada elemen dalam slide presentasi berupa gambar atau teks yang diletakkan secara sembarangan. Semuanya diletakkan dengan maksud tertentu. Gunakan perataan yang konsisten untuk menjadikan slide Anda tampil indah sekaligus profesional.

               Mudah bukan utnuk membuat power point anda terlihat lebih menarik ? Langsung saja buat yang terbaik untuk presentasi anda dan buat semua orang terpukau dengan presentasi anda. Selamat mencoba.


Nama        : Ida Ayu Intan Diah Paramitha
No. absen : 22
Kelas        : VIIIF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar