Selasa, 08 Oktober 2013

Tugas Bahasa Indonesia (Teks Petunjuk)

Membuat Black Forest Cupcakes

       Cupcake saat ini sedang jadi primadona kue. Terutama cupake hias yang banyak membanjiri toko-toko kue, bahkan toko kue online pun tak kalah banyaknya yang khusus menjajakan kue yang satu ini. Cupcake hias dengan tampilan yang menarik memang sangan menggoda. Saat ini cupcake sudah banyak jenisnya. Cupcake berbentuk lucu dengan hiasan warna-warni dan bentuk yang aneh menjadi yang paling populer saat ini dibandingkan cupcake biasa. Cupcake lebih banyak disukai oleh anak-anak karena bentuknya yang lucu. Membuat black forest cupcake tidak terlalu sulit, jika kalian kreatif dalam menghiasnya maka cupcake yang terbuat dari bahan sederhana bisa menjadi cupcake yang mewah.


Bahan :
-  125 gram mentega tawar
-  200 gram cokelat masak pekat, lelehkan
-  75 gram gula pasir
-  2 butir telur 
-  100 ml susu cair
-  4 sendok makan rum
-  100 gram ceri hitam kalengan, cincang kasar
Bahan yang diayak :
-  150 gram tepung terigu 
-  1/2 sendok teh garam
-  1 sendok makan cokelat bubuk
-  1 sendok teh backing powder
Topping kocok hingga lembut :
-  300 gram whipped cream bubuk
-  2 sendok makan rum
-  150 ml susu cair dingin
Hiasan Black Forest Cupcake :
-  150 gram cokelat  masak pekat lalu diserut kasar
-  12 buah manisan ceri merah bertangkai
-  150 gram cokelat masak putih lalu  diserut kasar

Cara Membuat Black Forest Cupcake :
     Langkah pertama kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu-persatu sambil terus dikocok hingga merata. Kemudian masukkan ceri hitam, susu cair dan cokelat leleh aduk rata. Kemudian masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, sambil aduk rata. Setelah itu tuang adonan ke dalam cup kertas berbentuk bulat diameter 4 cm sebanyak 3/4 (jangan sampai penuh). Panggang dalam oven bersuhuh 180 derajat celcius selama 30 menit. Angkat dan dinginkan. Kemudian permukaan cupcake diisi dengan bahan topping yang sudah di masukkan ke dalam kantong semprot. Dengan spuit berbentuk bintang ukuran kecil, bentuk diatas permukaan cake dengan rata dan permukaan tertutup semua. Hiasi dengan cokelat serut, kemudian letakkan 1 tangkai manisan cerry merah diatasnya.

      Dari pada kalian boros membeli cupcake di toko kue, lebih baik untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain itu kalian juga dapat berkreasi untuk membuat hiasan cupcake yang lucu. Selamat mencoba. Semoga berhasil.


Nama : Dwivinna Nadine Dewi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar