Selasa, 08 Oktober 2013

Tugas Teks Petunjuk Bahasa Indonesia


Cara Menanam Bunga Anggrek Pada Pot Dan Tips Cara Menanam Dan Merawat Anggrek
                                

Bunga anggrek adalah bunga yang sangat indah. Bunga Anggrek diminati oleh para orang tua, remaja-remaja, dan orang dewasa juga apalagi anak-anak. Nah, sekarang menanam Bunga Anggrek sangat rumit namun tidak sulit dilakukan. Berikut adalah tahap-tahapnya.






Ini adalah cara menanam Bunga Anggrek pada pot :

1. Pemilihan Pot. 
    Pertama-tama kalian harus memilih pot yang tepat agar Bunga Anggrek yang ditanam didalamnya akan tumbuh dengan baik. Pemilihan pot bukan semata-mata dilihat dari keindahannya tapi yang dilihat adalah bahan-bahan dari pot itu, harus berisi lubang untuk keluarnya air dan udara. Selain itu ukuran pot juga harus diperhatikan. Pilihlah pot yang ukurannya tepat dengan bunga itu jika sesuai dengan bunga itu pertumbuhan bunga itu akan bertumbuh dengan baik.Khususnya pot yang akan ditanami Bunga Anggrek harus memiliki lubang udara draenase dan aerasi udara yang baik. Akar Anggrek tersebut tidak akan berkembang dengan baik jika potnya sangat kecil. Pot yang baik untuk tanaman tidak hanya memiliki lubang di bawah sisi pot melainkan di sisi kanan dan kiri.


2. Pemilihan media tanam.
     Karena sudah mempersiapkan pot setelah itu kita harus memilih media tanam. Media tanam untuk anggrek harus memenuhi beberapa syarat yaitu tidak mudah lapuk dan tidak menjadi sumber penyakit. Media tanam anggrek juga harus mempunyai aerasi udara yang baik yang mampu mengikat air dan zat hara secara baik, mudah didapatkan, dan harganya juga relatif murah. Beberapa media tanam anggrek yang cukup baik digunakan adalah Sphagnum Moss, Sabut Kelapa, Kayu Arang, Pakis, dan juga Rockwool. Masing-masing media tanam yang biasa digunakan ini tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.




 3. Memilih tiang untuk penanaman.
     Karena sudah memilih media tanam selanjutnya kita harus memilih tiang penahan tanaman. Khusus untuk tiang penahan tanaman ini dapat dibuat dari kawat dengan diameter 2-4 mm. Fungsi dari tiang penahan ini adalah untuk menyangga tanaman agar tidak goyang saat penyiraman dan juga perlakuan lainnya. Dengan bantuan tiang penahan akan membuat akar tidak terganggu. Namun ketika tanaman sudah tumbuh kuat, maka tiang penyangga dapat dilepas.

4. Menanam Anggrek di pot.
     Setelah memilih tiang penahan maka tahap selanjutnya yaitu menaman Anggrek didalam pot, maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah memasang tiang penahan hingga menyentuh dasar pot. Isilah pot dengan pecahan batu bata atau genteng secukupnya, bisa sampai 1/3 tinggi pot. Lalu masukkan media arang kayu atau potongan pakis 1/3 tinggi pot. Setelah itu tanaman Anggrek diletakkan diatas media dan akar diatur supaya menyebar rata, jangan lupa tanaman diikat pada tiang penyangga. 

Setelah menanam Anggrek berikut adalah tips cara menanam dan merawat Bunga Anggrek.

1. Tempatkan tanaman Anggrek di area yang terkena sinar matahari alami, namun area tersebut tidak   boleh terlalu panas. Jika Anggrek masih terkena sinar matahari yang panas maka pindahkanlah Anggrek pada tempat yang tidah terkena matahari langsung.

2. Belilah lampu tanaman. Jika Anggrek di taruh di dalam ruangan otomatis Bunga Anggrek tidak akan mendapatkan sinar matahari. Jika tidak mendapatkan sinar matahari gantilah sinar matahari dengan lampu tanaman. Agar sehat, Anggrek harus mendapatkan sinar yang cukup. 

3. Jagalah tanaman Anggrek agar tetap lembab. Tanaman Anggrek adalah tanaman tropis, maka dari pada itu tanaman harus dijaga agar lembab.

4. Tanamlah Anggrek pada pot kecil. Akar-akar yang halus dari Anggrek harus ditaruh di pot kecil agar dapat tumbuh dan berkembang. Namun, ada juga beberapa Anggrek potnya harus diganti setiap tahun dan ada juga yang bisa bertahun-tahun di pot yang sama.

5. Pupuk Anggrek harus di buat khusus. Anda bisa menanyakan jenis pupuk kepada ahlinya saat membeli Bunga Anggrek tersebut.

Mudahkan menanam Bunga Anggrek pada pot. Meskipun dinyatakan sulit dalam menanamnya tapi mudah dilakukannya. Kalian boleh malakukannya di rumah, terimakasih.

Nama : Ni Putu Anindya Putri Damayanti.
No       : 3.
Kelas  : VIII F.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar