Jumat, 08 November 2013

TUGAS PETUNJUK BAHASA INDONESIA


Cara Membuat Nasi Goreng Senyum
                   Anda pasti sudah bosan melihat dan memakan nasi goreng yang penampilan dan rasanya biasa saja ? Kali ini anda harus mencicipi nasi goeng senyum, yang akan membuat anda tersenyum.
                  Pertama-tama bahan dan alat-alatnya harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahannya seperti , satu mangkok nasi putih, garam secukupnya, bawang merah 3 siung, bawang putih 2 siung, cabe rawit yang sudah dipotong kecil-kecil secukupnya, merica, saus tomat, kecap manis secukupnya, daging ayam yang sudah dipotong dadu, telur satu butir, minyak goreng. Alat-alat yang diperlukan untuk membuat nasi goreng senyum adalah panci dan spatula.
                  Langkah-langkah membuat nasi goreng senyum pertama-tama panaskan minyak goreng , tunggu hingga minyak goreng panas kurang lebih 2 menit. Setelah minyak goreng panas masukan bawang  merah dan bawang putih yang sudah diiris dan cabai sesuai selera, lalu tumis hingga harum. Masukan daging ayam yang sudah dipotong dadu, tumis semua bumbu hingga tercampur merata dan ayamnya matang. Masukan nasi putih dan aduk hingga tercampur dengan semua  bahan. Tambahkan saus tomat, garam, merica lalu aduk hingga semua tercampur rata. Jika telah menimbulkan bau harum sajikan diatas piring. Selanjutnya adalah cara unuk membuat senyuman di nasi goreng senyum. Pertama-tama siapkan 1 butir telur, mangkok dan sendok. Pecahkan telur dan masukan ke daalam mangkok, beri garam secukupnya. Aduk telur hingga merata. Panaskan minyak goreng. Tak perlu menunggu waktu yang lama, minyak goreng pun sudah panas. Masukan telur yang sudah sudah dibumbui kedalam panci yang sudah berisi minyak goreng. Goreng telur hingga warna kecoklatan. Tak perlu waktu lama terlur pun sudah berwarna kecoklatan dan sudah bisa diangkat dari panci, lalu tiriskan telur. Untuk membuat senyumannya potong telur menjadi tiga bagian. Dua bagian digulung lalu potong untuk menjadi matanya, telur sisanya dipotong untuk menjadi mulut. Letakkan mata dan mulutnya diatas nasi goreng yang sudah matang. Nasi goreng senyum siap disajikan.
                 Silahkan coba nasi goreng senyum ini pasti rasanya enak dan anda pun akan selalu tersenyum.

Nama : Ni Komang Ayu Novita Sari Dewi
No     : 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar